APLIKASI DAN KOMPONEN SISTEM PAKAR
Komponen-komponen yang terdapat pada
arsitektur atau struktur sistem pakar.
Akuisisi pengetahuan
Akuisisi pengetahuan adalah
transfer, transformasi keahlian, dan akumulasi keahlian dalam menyelesaikan
masalah dari sumber pengetahuan pada program komputer. Dalam tahap ini juga
Knowlegde Engineer akan berusaha menyerap pengetahuan yang di mana selanjutnya
akan di transfer dalam basis pengetahuan.
Berikut adalah yang merupakan metode akuisisi pengetahuan:
A. Observasi pada pelajaran pakar
pada Observasi pada pelajaran
pakar ini pekerjaan dalam bidang tertentu yang dilakukan oleh para pakar di
rekam dan di obervasi.
B. Induksi aturan dari
contoh
yang dimaksud dengan induksi
adalah suatu proses penalaran yang berasal dari khusus ke umum. Suatu sistem
induksi aturan telah diberi berbagai contoh dari suatu masalah yang di mana
hasil tentu telah diketahui. Sesudah diberikan berbagai contoh, selanjutnya
sistem induksi aturan akan mulai membuat aturan yang benar untuk seluruh kasus
contoh. Selanjutnya aturan tersebut dapat digunakan untuk menilai kasus yang
lainnya yang hasilnya tidak diketahui.
C. Wawancara
Wawancara adalah metode yang
paling banyak digunakan, di mana melibatkan pakar dan juga pembicara secara
langsung pada suatu wawancara.
D. Analisis protokol
Pada metode ini pakar diminta
untuk melakukan sebuah pekerjaan serta mengungkapkan proses pemikirannya
tersebut dengan menggunakan kata-kata. Pekerjaan tersebut dituliskan,
dianalisis, dan di rekam.
Mesin/Motor Inferensi
Komponen ini adalah komponen
yang mengandung sebuah mekanisme pola pikir serta penalaran yang dipakai oleh
pakar untuk menyelesaikan suatu masalah. Mesin inferensi adalah sebuah program
komputer yang memberikan metodologi untuk penalaran tentang informasi
yang telah ada dalam bentuk basis pengetahuan dan dalam workplace, serta untuk
memformulasikan kesimpulan.
Perbaikan Pengetahuan
Pakar tentunya memiliki
kemampuan untuk meningkatkan kinerjanya dan menganalisis serta sebuah kemampuan
untuk belajar dari kinerjanya. Dan kemampuan tersebut lah yang terpenting untuk
pembelajaran ter-komputerisasi.
Antarmuka Pengguna
Antarmuka pengguna merupakan
sebuah mekanisme yang dipakai oleh seorang pengguna dan juga sistem pakar untuk
berkomunikasi. Antarmuka akan menerima informasi dari pengguna lalu mengubahnya
ke dalam bentuk yang bisa diterima oleh sistem.
Basis Pengetahuan
Basis pengetahuan adalah
komponen yang mengandung pengetahuan untuk formulasi, penyelesaian masalah, dan
juga pemahaman. Komponen sistem pakar ini juga disusun oleh dua elemen dasar,
di antaranya:
Fasilitas Penjelasan
fasilitas penjelasan adalah
sebuah komponen tambahan yang di mana akan meningkatkan sebuah kemampuan khusus
sistem pakar. Fasilitas penjelasan ini digunakan untuk memberikan penjelasan
dan melacak respon tentang kelakuan dari sistem pakar secara interaktif melalui
pertanyaan sebagai berikut:
·
mengapa ada alternatif yang dibatalkan ?
·
Rencana apa yang digunakan untuk
mendapatkan solusi?
·
Mengapa suatu pertanyaan ditanyakan oleh
sistem pakar?
·
Bagaimana konsultasi dicapai?
Workplace/Blackboard
workplace atau lembar kerja
adalah area dari sekumpulan memori kerja, yang di mana di pakai untuk merekam
kejadian yang sedang berlangsung termasuk juga keputusan sementara. Setidaknya
ada 3 keputusan yang bisa di rekam. Di antaranya :
·
Agenda, segala
aksi yang potensial yang tengah menunggu untuk di eksekusi.
·
Solusi,
calon aksi yang akan segera dibangkitkan.
·
Rencana,
bagaimana dalam menghadapi masalah.
CONTOH APLIKASI SISTEM DARI
SISTEM PAKAR
Komentar
Posting Komentar