APLIKASI DAN KOMPONEN SISTEM PAKAR

 


Komponen-komponen yang terdapat pada arsitektur atau struktur sistem pakar.


 Akuisisi pengetahuan

Akuisisi pengetahuan adalah transfer, transformasi keahlian, dan akumulasi keahlian dalam menyelesaikan masalah dari sumber pengetahuan pada program komputer. Dalam tahap ini juga Knowlegde Engineer akan berusaha menyerap pengetahuan yang di mana selanjutnya akan di transfer dalam basis pengetahuan.
Berikut adalah yang merupakan metode akuisisi pengetahuan:

A. Observasi pada pelajaran pakar

pada Observasi pada pelajaran pakar ini pekerjaan dalam bidang tertentu yang dilakukan oleh para pakar di rekam dan di obervasi.


B. Induksi aturan dari contoh

yang dimaksud dengan induksi adalah suatu proses penalaran yang berasal dari khusus ke umum. Suatu sistem induksi aturan telah diberi berbagai contoh dari suatu masalah yang di mana hasil tentu telah diketahui. Sesudah diberikan berbagai contoh, selanjutnya sistem induksi aturan akan mulai membuat aturan yang benar untuk seluruh kasus contoh. Selanjutnya aturan tersebut dapat digunakan untuk menilai kasus yang lainnya yang hasilnya tidak diketahui.


C. Wawancara

Wawancara adalah metode yang paling banyak digunakan, di mana melibatkan pakar dan juga pembicara secara langsung pada suatu wawancara.


D. Analisis protokol

Pada metode ini pakar diminta untuk melakukan sebuah pekerjaan serta mengungkapkan proses pemikirannya tersebut dengan menggunakan kata-kata. Pekerjaan tersebut dituliskan, dianalisis, dan di rekam.


 Mesin/Motor Inferensi

Komponen ini adalah komponen yang mengandung sebuah mekanisme pola pikir serta penalaran yang dipakai oleh pakar untuk menyelesaikan suatu masalah. Mesin inferensi adalah sebuah program komputer yang memberikan metodologi untuk penalaran tentang informasi yang telah ada dalam bentuk basis pengetahuan dan dalam workplace, serta untuk memformulasikan kesimpulan.


Perbaikan Pengetahuan

Pakar tentunya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerjanya dan menganalisis serta sebuah kemampuan untuk belajar dari kinerjanya. Dan kemampuan tersebut lah yang terpenting untuk pembelajaran ter-komputerisasi.


 Antarmuka Pengguna

Antarmuka pengguna merupakan sebuah mekanisme yang dipakai oleh seorang pengguna dan juga sistem pakar untuk berkomunikasi. Antarmuka akan menerima informasi dari pengguna lalu mengubahnya ke dalam bentuk yang bisa diterima oleh sistem.


 Basis Pengetahuan

Basis pengetahuan adalah komponen yang mengandung pengetahuan untuk formulasi, penyelesaian masalah, dan juga pemahaman. Komponen sistem pakar ini juga disusun oleh dua elemen dasar, di antaranya:

 Fasilitas Penjelasan

fasilitas penjelasan adalah sebuah komponen tambahan yang di mana akan meningkatkan sebuah kemampuan khusus sistem pakar. Fasilitas penjelasan ini digunakan untuk memberikan penjelasan dan melacak respon tentang kelakuan dari sistem pakar secara interaktif melalui pertanyaan sebagai berikut:

·        mengapa ada alternatif yang dibatalkan ?

·        Rencana apa yang digunakan untuk mendapatkan solusi?

·        Mengapa suatu pertanyaan ditanyakan oleh sistem pakar?

·        Bagaimana konsultasi dicapai?

 Workplace/Blackboard

workplace atau lembar kerja adalah area dari sekumpulan memori kerja, yang di mana di pakai untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung termasuk juga keputusan sementara. Setidaknya ada 3 keputusan yang bisa di rekam. Di antaranya :

·        Agenda, segala aksi yang potensial yang tengah menunggu untuk di eksekusi.

·        Solusi, calon aksi yang akan segera dibangkitkan.

·        Rencana, bagaimana dalam menghadapi masalah.

CONTOH APLIKASI SISTEM DARI SISTEM PAKAR

 

Aplikasi Sistem Pakar


Penerapan Expert System sebagian besar telah tersebar di bidang pekerjaan pengetahuan.

Diagnosis dan pemecahan masalah perangkat: menyimpulkan kesalahan dan menyarankan tindakan korektif untuk perangkat atau proses yang tidak berfungsi. Diagnosis medis adalah salah satu area pengetahuan pertama di mana teknologi ES diterapkan tetapi diagnosis sistem rekayasa dengan cepat melampaui diagnosis medis.

Perencanaan dan penjadwalan: menganalisis satu atau satu atau lebih tujuan yang berpotensi kompleks dan berinteraksi untuk menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai tujuan tersebut, dan / atau memberikan pemesanan temporal terperinci dari tindakan tersebut, dengan mempertimbangkan personel, materiel, dan kendala lainnya. Contoh: penjadwalan maskapai penerbangan, personel, dan gerbang; penjadwalan toko pekerjaan manufaktur.

Konfigurasi objek manufaktur dari sub majelis: Aplikasi konfigurasi dipelopori oleh perusahaan komputer sebagai sarana untuk memfasilitasi pembuatan minikomputer semi-kustom. Contoh: bangunan rumah modular, manufaktur, dan masalah lain yang melibatkan desain dan manufaktur rekayasa yang kompleks.

Pemantauan dan kontrol proses: menganalisis data real-time dari perangkat fisik dengan tujuan memperhatikan anomali, memprediksi tren, dan mengendalikan koreksi optimal dan kegagalan. Contoh: industri pembuatan baja dan pemurnian minyak.

Desain dan manufaktur: membantu dalam desain perangkat fisik dan proses, mulai dari desain konseptual tingkat tinggi entitas abstrak hingga konfigurasi lantai pabrik proses manufaktur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP SISTEM TERBUKA DAN TERTUTUP PADA ORGANISASI DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN

Bindang Aplikasi Kecerdasan Buatan

Sistem Pakar